Amazonite – Batu Yang Sering Disebut Bacan Nevada

Amazonite batu permata dengan warna kehijauan yang mirip dengan Chrysocola. Warna kehijauan berasal dari berbagai mineral Microcline. Amazonite dinamai menurut Sungai Amazon Amerika Selatan. Tidak ada deposit batu Amazonite yang ada di wilayah Amazon, mungkin batu ini dinamai dengan nama amazon karena kemiripan warnanya dengan hutan hujan tropis yang ada di wilayah amazon. Karena miripnya warna dengan bacan banyak pedagang nakal yang menamai batu ini dengan nama Bacan Nevada.

Amazonite sering memiliki garis putih, dan bisa memiliki distribusi warna yang tidak merata. Warna hijau tua dari batu ini adalah yang paling disukai, tapi batu Amazonite juga bisa berwarna hijau muda dan hijau kebiruan. Batu amazonite yang berwarna hijau toska cukup menarik dan sering disebut sebagai bacan Nevada. Batu hijau kehijauan dan hijau samar juga ada, namun tidak umum digunakan sebagai batu permata. Batu Amazonite karena sensitif terhadap tekanan dan bisa dengan mudah retak atau chip.

Amazonite ditemukan di seluruh dunia, namun ada deposit besar di Rusia, Myanmar (Burma), India, Ethiopia, Madagaskar, Brasil, dan Amerika Serikat (Colorado dan Virginia).

Amazonite yang mirip dengan batu bacan

Harga Batu Amazonite
Di pasaran batu luar negeri batu Amazonite harganya tidak mahal, Di pasaran batu Indonesia sendiri Amazonite termasuk jenis yang langka dijual. Dan biasanya pedagang yang memiliki batu ini menjualnya dengan embel embel Bacan Nevada sehingga harganya mereka gelembungkan. Bahkan ada juga varian Amazonite yang berwarna Hijau Toska dan ada Hitamnya diberi nama oleh pedagang nakal sebagai Bacan Palmea. Ada baiknya membeli langsung di ebay jika berminat memiliki dan menjual jenis batu ini.

Informasi
Rumus Kimia  KAlSi3O8
Warna Biru, Hijau, Ungu, Abu Abu
Kekerasan 6 – 6.5
Crystal System Triclinic
Index Refractive  1.52 – 1.53
SG 2.56 – 2.58
Mineral Class Microcline

Leave a Reply