Aventurine – Sumber , Ciri Ciri dan Harganya

Aventurine adalah varin dari Quartz  yang mengandung serpihan atau sisik kecil yang memberi efek serat seperti serat giok. Di Pasaran batu indonesia jenis aventurine sering diberi nama dengan giok taiwan atau giok korea. Meski warna Aventurine paling sering ada dipasaran adalahwarna hijau,  Aventurine memiliki varian dengan warna lain seperti abu-abu, oranye, dan coklat. Namun, jenis warna selain hijau jarang ada, dan jarang digunakan sebagai batu permata atau perhiasan.

Batu permata Aventurine memiliki warna berkisar dari warna hijau terang hingga gelap. Agen pewarna hijau Aventurine hijau adalah Fuschite, yang merupakan varietas kromium kaya akan Mucovite.  Efek berkilauan yang terjadi di Aventurine dikenal sebagai aventurescence. Efek ini bisa lemah atau lebih intens, tergantung dari ukuran dan densitas inklusi. Warna Aventurine juga dapat bervariasi berdasarkan inklusi, mungkin memiliki  warna yang lebih terang dan lebih gelap. Kebanyakan Aventurine memiliki tekstur kasar dalam keadaan alami.

Aventurine Dyed atau sering disebut Giok Taiwan

Banyak batu Aventurine yang merupakan hasil treatment dyed yang beredar di pasaran. Biasanya warnanya lebih pekat dan mudah luntur apalagi jika terkena air hujan. Dengan direndam air hujan maka warna hasil treatment dyed ke aventurine akan hilang.

Sumber aventurine meliputi India, Brazil, Austria, Rusia dan Tanzania.

Kemiripan Aventurine dengan Batu Lain
Aventurine mungkin tampak mirip dengan batu permata Malachite dan Variscite, tapi batu ini memiliki kekerasan yang lebih rendah dan tidak memiliki efek aventurescence. Jade mungkin serupa dan tidak memiliki aventurescence, seperti halnya kemiripan aventurine dengan Chrysoprase yang biasanya lebih muda warnanya.

Rough Aventurine

Harga Aventurine
Batu Aventurine yang di treatment dyed biasanya sangat murah hanya sekitar 5 ribu rupiah per biji. Tetapi banyak juga pedagang nakal yang menggelembungkan harganya dengan mengatakannya sebagai batu giok. Untuk batu aventurine non treatment biasanya berharga 50-100 ribu rupiah per bijinya dan cukup jarang ada di pasaran indonesia, biasanya yang bereda adalah yang telah di treatment dyed.

Info Aventurine
Rumus Kimia SiO2
Warna Biru, Hijau, Kuning, Orange, Cokelat dan Abu Abu
Kekerasan 6.5 – 7
Crystal System Hexagonal
Index Refractive1.54 – 1.55
SG 2.63 – 2.65
Mineral Class Quartz / Chalcedony

Leave a Reply