Batu Alexandrite – Sumber , Ciri Ciri dan Harganya

Alexandrite adalah variasi jenis dari Chrysoberyl yang harganya sangat mahal. Warna Alexandrite berubah dalam kondisi pencahayaan yang berbeda. Jika dilihat di siang hari, warnanya biru kehijauan hingga hijau kuning tua. Jika dilihat dalam lampu pijar atau lilin, warnanya merah muda sampai merah. Alexandrite adalah batu permata yang sangat langka dan sangat berharga, dan sampai saat ini sangat sulit didapat karena kelangkaannya. Namun, sumber baru di Brasil dan Tanzania telah membuat batu permata ini tersedia dan lebih utama di pasar batu permata.

Alexandrite pertama kali ditemukan di Rusia pada awal 1800-an. Diberi nama seperti itu untuk menghormati Alexandar Nicholavich, yang kemudian menjadi Czar Alexander Rusia II. Legenda mengatakan bahwa batu permata itu ditemukan pada masa lalu tahun tsar Czar dan dinamai untuk menghormatinya, walaupun kefaktualnya masih diperdebatkan.

Batu Alexandrite dapat berubah rubah warna disebabkan oleh sedikit ketidakmurnian unsur kromium. Warna Batu Alexandrite yang paling diminati adalah yang memiliki perubahan warna kontras dan  jelas terlihat, seperti batu alexandrite yang memiliki warna hijau / biru di siang hari dan terlihat merah menyala dalam cahaya pijar.

Perubahan Warna Alexandrite

Selain Sifatnya yang dapat berubah warna, Alexandrite adalah permata pleochroic, menunjukkan intensitas warna yang berbeda bila dilihat pada sudut yang berbeda. Faktor ini harus diperhitungkan saat memotong batu permata Alexandrite.

Batu permata Alexandrite tidak diberikan treatment. Bentuk sintetis dari Alexandrite ada, dan bisa sulit  dibedakan dengan Alexandrite alami. Kebanyakan sintetis dari batu Alexandrite sebenarnya adalah sintetis Corundum atau Spinel sintetis dengan ditambahkan vanadium atau chromium untuk menginduksi kebiasaan perubahan warna.

Sumber Alexandrite
Alexandrite awalnya ditemukan di Sungai Sanarka di Pegunungan Ural selatan Rusia. Namun, deposit di negara Rusia telah lama habis, dan sumber Alexandrite Rusia hampir tidak mungkin didapat lagi. Deposito kecil kemudian ditemukan di Sri Lanka (Ceylon), dan sampai tahun 1980an inilah satu-satunya sumber batu permata langka ini. Sekarang, Tambang Alexandrite baru telah ditemukan di Brazil, Tanzania, dan Madagaskar, dengan sumber Brasil menjadi yang paling signifikan.

Rough Alexandrite

Batu Yang Mirip
Satu-satunya batu jenis lain yang dapat berubah warna adalah adalah Color-change Garnet dan Color-change Sapphire. Kekerasan Alexandrite lebih empuk dari Sapphire dan lebih keras dari pada Garnet.

Harga Alexandrite
Dipasaran batu Indonesia Harga Alexandrite sekitar 1 juta rupiah per crt untuk batu alexandrite kecil yang tidak ada cacatnya. Untuk pasaran luar negeri khususnya di ebay anda bisa mendapatkan batu Alexandrite di harga sekitar $20 untuk 1 crtnya. Batu yang berukuran besar biasanya harganya bisa 2x – 5x lipat dari harga tersebut.

Info Alandrite|
Rumus Kimia BeAl2O4
Warna Biru, Merah, Hijau, Kuning, Pink, Ungu, Abu Abu dan Multicolor
Kekerasan 8.5
Crystal System Orthorhombic
Index Refractive  1.744 – 1.755
SG 3.5 – 3.8
Mineral Class Chrysoberyl

Leave a Reply