Batu Pirus, Ciri Ciri dan Harga Batu Pirus Asli

Walaupun pada posingan sebelumnya saya sudah sedikit menerangkan tentang Jenis Batu Akik Pirus Asli dan Palsu. Ternyata saya masih mendapatkan saran dan pertanyaan untung dijelaskan lebih detail mengenai ciri ciri Batu Pirus asli sehingga akhirnya saya tulislah artikel ini.

Batu Pirus merupakan batu permata kuno, dan telah menjadi batu berharga di banyak peradaban dunia. Batu ini paling dikenal di kalangan bangsawan Persia dan Penduduk Asli Amerika, di mana Batu akik pirus menjadi batu permata hias yang paling populer. Sampai saat ini Batu pirus ini tetap menjadi batu permata yang populer. Hal ini dikarenakan pirus dianggap memiliki warna biru kehijauan yang unik, dan merupakan satu-satunya batu permata yang memiliki warna eksklusif yang dinamai sesuai dengan namanya.

Kata Turquoise atau dalam bahasa indonesia disebut pirus berasal dari abad ke-17, ketika rute perdagangan membawa Turquoise dari Persia melalui Timur Tengah menuju Eropa. Para pedagang melewati Turki, yang dikenal sebagai “Turquie” dalam bahasa Prancis, dan penduduk setempat menamai materi batu ini sebagai “Turquies” (“Turki”) yang mengacu pada kedatangannya dari Turki.

Turquoise bisa datang dalam berbagai warna biru atau hijau, dan umumnya berurat atau berbintik-bintik dengan oksida coklat atau hitam atau dasar batu pasir. Beberapa kolektor menyukai pirus dikarenakan warna dan bentuk urat ini, sementara  yang lain lebih memilih batu polos.

Warna terbaik dari Batu pirus adalah warna biru pirus yang solid dan tajam. Di luar negeri warna hijau kurang diminati dan biasanya tidak digunakan sebagai batu permata. Turquoise kadang-kadang juga bisa dicampur bersama dengan Malachite hijau atau Chrysocolla, yang menyebabkan batu permata berwarna biru dan hijau.

Campuran CHrysocolla, Malacite dan Pirus

Pirus adalah batu permata berpori dan dengan demikian mudah diberi treatment dyed. Treatment dyed dilakukan untuk meningkatkan warna biru dari batu yang lebih kehijauan atau berbintik-bintik. Batu yang diberi treatment dyed ini biasanya warnanya biru mentereng dan dapat luntur seiring dengan waktu.

Pirus Dyed

Kilauan Turquoise sering kusam, dan oleh karena itu sangat umum turqoise diberi pelapisan untuk meningkatkan kemengkilapannya. Bagi anda yang mencari pirus jangan membeli pirus yang mengkilap sekali karena pirus yang mengkilap merupakan pirus yang sudah diberi treatment pelapisan atau justru malah pirus daur ulang atau yang sering disebut sebagai pirus composite.

Sifat pirus yang empuk membuatnya butuh perawatan ekstra harus dilakukan untuk mencegahnya dari goresan.

Ciri Ciri Pirus Asli :
– Di Test dengan alat pengecek kekerasan 5-6 skala mohs
– Jika anda punya alat pengecek index refraksi indeks refractive pirus 1.61 – 1.65
– Warna tidak semengkilap calcedon atau batu akik klawing
– Urat Pirus harusnya berada lebih dibawah atau sejajar permukaan batu yang perwarna biru/hijau. Jika urat berada diatas 99% batu pirus anda palsu atau minimal batu pirus composite.

Berikut saya tampillkan lagi gambar gambar pirus agar anda semakin mengenal ciri ciri pirus asli:

Pirus Cina Dyed

Pirus Persia

Pirus Persia dengan Ring

Pirus Nevada

Leave a Reply