4 Negara Terbesar Penghasil Batu Kecubung

Batu kecubung (Ametyst) merupakan salah satu batu paling populer di Indonesia.Bahkan batu ini sudah populer sejak saya belum lahir, karena memang negeri kita indonesia merupakan salah satu negara penghasil batu kecubung.

Di pasaran banyak sekali beredar batu kecubung sintetis ataupun imitasi, anda harus berhati hati dalam membeli kecubung jangan sampai anda justru membeli batu palsu.

Untuk perbedaan batu kecubung asli dan palsu mungkin nanti akan saya buatkan artikel tersendiri. Secara gampangnya batu kecubung dibawah 500 ribu pasti memiliki serat yang jelas yang kasat mata.

Pada artikel ini mari kita bahas negara negara penghasil batu kecubung. Sebenarnya ada banyak negara yang memiliki kandungan batu kecubung di tanahnya, salah satunya adalah Indonesia. Walau begitu  batu kecubung yang beredar di pasaran biasanya berasal dari 4 sumber yaitu indonesia, Brazil, india dan Zambia.

  1. Indonesia
    Kecubung yang berasal dari negeri kita Indonesia biasanya berasal dari kalimantan atau dari tanjung bintang. Kecubung yang dimiliki indonesia memiliki warna dari ungu muda hingga ungu terang. Selain itu banyak kecubung dari indonesia yang memiliki biasa merah muda di dalamnnya.
  2. Brazil
    Mayoritas kecubung kualitas sedang yang ada di pasaran indonesia bahkan dunia berasal dari brazil. Maklum saja tambang kecubung terbesar di dunia berada di negara ini.
    Biasanya warna kecubung yang berasal dari negeri zamba ini berwarna ungu terang hingga unggu tua kehitaman. Sangat jarang kecubung brazil berwarna ungu muda ada di pasaran karena biasanya kecubung berwarna ungu muda ini di brazil di beri treatment heat (pemasan) agar warnanya berubah menjadi warna citrine.
    Salah satu tambang kecubung bernama Montezuma Mine di Minas Gerais, Brazil juga menjadi satu satunya penghasil prasiolite yang masih beroperasi saat ini.
    Secara kualitas kecubung brazil tidak kalah juga dengan kecubung indonesia dan kualitas gosokannya bagus.
  3. India
    Negara india merupakan salah satu negara penghasil kecubung  terbesar ke dua setelah brazil. Sebenarnya kualitas bahan yang berasal dari negeri India tidak kalah dengan yang berasal dari brazil hanya saja tehnik menggosok kecubung india kurang baik. Banyak kecubung india yang berada di pasaran indonesia gosokannya tidak simetris. Oleh karena itu harga kecubung berasal dari india harganya sangat murah bahkan untuk kecubung yang sudah digosok seberat 1 kg (isi sekitar 500) hanya di hargai sebesar 1 juta rupiah oleh para pedagang dari india.
  4. Zambia
    Zambia merupakan negara penghasil kecubung terbesar di Afrika. . Di pasaran internasional kecubung berwarna kehitaman (kecubung wulung) disebut sebagai african ametyst. Disebut demikian bukan karena mayoritas penduduk afrika adalah negro tetapi lebih karena mayoritas kecubung yang dihasilkan dari benua hitam itu memang berwarna kehitaman.

Leave a Reply