Batu Zamrud Kalimantan, Batu Asli apa Palsu ?

Batu Zamrud Kalimantan, batu ini masih sering dipedebatkan di kalangan kolektor batu akik antara apakah batu zamrud kalimantan merupakan batu asli atau sebenernya merupakan sebuah batu palsu / imitasi .

Yang jelas memang batu zamrud kalimantan bukanlah emerald berly dan bentuknya memang sangat mirip dengan kaca. Dari kilaunya menyerupai kaca bahkan katanya (saya belum menemukan yang seperti ini) ada batu zamrud kalimantan yang kalau dilihat dengan lup ada gelembung udaranya.

Kekerasan batu zamrud kalimantan pun sangat rendah paling antara 5-6 skala mohs saja sehingga menyebabkan batu ini mudah sompel dan tergores. Kekerasannya berbeda dengan batu zamrud asli atau emerald berly yang bisa mencapai 7-8 skala mohs.

Masalah harga, batu zamrud kalimantan ini sangat murah. Di pedagang eceran harganya tidak sampai 50 ribu per bijinya, kalau beli grosir harganya bisa tambah murah..

Ketiga sebab diatas lah yang menyebabkan banyak juga kolektor batu yang mengatakan bahwa batu ini merupakan batu palsu.

Lalu apakah kata gems lab tentang jenis batu ini?

Dari 2 memo yang saya dapatkan yang dikeluarkan oleh Acc gems lab dan My gems lab menyatakan bahwa batu zamrud kalimantan ternyata merupakan jenis batu green tektite.

Apa itu Tektite?

Tektite sendiri merupakan batu berukuran kecil yang bisa berwarna hitam hijau atau coklat yang berasal dari tabrakan meteor.

Tektite ini memiliki rumus kimia yang mirip dengan kaca sehingga tektite sering disebut sebagai natural glass.

Nah sekarang jadi sudah ada kan kesimpulannya bahwa sebenarnya zamrud kalimantan itu merupakan batu asli / batu alam tetapi senyawa kimia dan  ciri cirinya memang mirip dengan kaca sehingga sering juga disebut sebagai natural glass.

Tidak perlu ragu lagi untuk mengkoleksi zamrud kalimantan karena walaupun termasuk batu yang murah harganya tetapi tetap merupakan batu alam.

Bagi yang masih yakin kalau zamrud kalimantan merupakan batu imitasi monggo silahkan bawa zamrud kalimantan ke lab jangan hanya dikira kira dan menurut saya, bawa ke lab yang terpercaya kan di lab batu peralatan dan ilmunya lebih lengkap.

 

Leave a Reply