Jenis Batu Akik Pirus Asli dan Palsu

Nama pirus berasal dari bahasa arap yaitu Fairuz, batu pirus tergolong batu langka dan banyak diburu oleh pecinta batu akik karena keunikan motifnya. Selama ribuan tahun batu pirus telah digunakan sebagai perhiasan.

Tetapi di pasaran sekarang ini banyak beredar jenis batu pirus palsu maupun batu pirus ‘hanya nama’ alias sebenernya bukan batu pirus tetapi para pedagang memberi nama pirus kepada jenis batu tersebut. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan penjelasan tentang Jenis Batu Akik Pirus Asli dan Palsu sehingga anda tidak salah beli.

  1. Pirus Asli

Batu pirus berwarna hijau kebiruan yang merupakan fosfat terhidrasi dari tembaga dan aluminium, dengan rumus kimia  CuAl6(PO4)4(OH)8·4H2O.  Batu pirus yang asli tidak bisa mengkilap dengan kinclong seperti batu akik karena kekerasan batu pirus hanya 5-6 skala mohs.

Selain itu serat batu pirus yang asli biasanya tidak beraturan. Salah satu contohnya adalah gambar disamping ini. Dimana ini merupakan foto batu pirus asli berkualitas baik.

2. Pirus Composite

Pirus Composite

Pirus Composite  bukanlah merupakan Pirus palsu tetapi merupakan pirus yang sudah diolah alias pirus daur ulang. Pirus composite merupakan hasil peleburan dari pirus pirus yang hancur. Kemudian bagian permukaannya diberi pewarnaan dan serat buatan. Tak jarang ditemukan pirus jenis ini ada tembaga atau kuningan didalamnya sehingga bagi yang tidak mengetahuinya justru disebut sebagai pirus serat emas. Harga pirus composite jauh dibawah pirus asli. Ciri dari pirus ini adalah jika di amplas bagian dalamnya akan berwarna putih. Warna dan serat hanya ada pada permukaan luar saja oleh karena itu tak jarang jenis pirus ini bisa luntur. Biasanya pirus jenis ini mengkilapnya juga super kinclong karena sudah melalui proses press dan penambahan mineral lain di bagian permukaan.

3. Pirus Hanya Nama
Pirus Nevada

Mengapa saya sebut pirus hanya nama? Karena batu jenis ini ya merupakan batu natural dengan warna asli pula tetapi karena secara mineral batu ini bukan termasuk kedalam pirus maka saya sebut pirus hanya nama. Tetapi bahasa pasarannya oleh pedagang disebut pirus nevada. Pirus nevada termasuk ke dalam mineral Variscite bukan turqoise (pirus). Walau begitu tidak ada salahnya anda mengoleksi pirus nevada ini karena warna dan motifnya memang cukup menarik. Biasanya Pirus kurang mengkilap seperti pirus karena kekerasannya hanya 4.5 skala mohs.

4. Pirus Palsu

Ini dia jenis yang paling bahaya dan banyak juga beredar di pasaran. Karena bahan dasarnya bukan batu bahkan ada juga yang bahan dasarnya plastik. Membedakan batu pirus asli dan palsu itu susah susah gampang bagi pemula. Biar lebih gampang saya kasih contohnya ya 3 jenis batu pirus palsu dibawah.

Pirus Palsu

 

Ketiga jenis batu tersebut merupakan batu pirus sintetik alias palsu. Gampangannya membedakan diliat dari warna merata, batu kinclong, permukaan halus dan jika diamplas akan berwarna putih. Selain itu jika diperhatikan secara detail bentuk seratnya dan penampakannya juga berbeda dengan pirus asli. Berhati hatilah karena banyak juga pedagang nakal yang menjual pirus palsu dengan nama pirus asli bilangnya pirus persia lagi.

Leave a Reply